Tips Membeli Kabel Charger Smartphone Yang Baik

Tips Membeli Kabel Charger Smartphone Yang Baik

Umumnya, menggunakan kabel charger bawaan dari smartphone yang dibeli adalah pilihan terbaik dan paling aman untuk mengisi daya baterai smartphone.

Apalagi dengan teknologi pengecasan daya yang bermacam-macam sesuai dengan pembuat smartphone tersebut. Namun, bagaimana jika kabel bawaan rusak atau hilang? Tentu harus menggantinya dengan yang baru.

Dengan banyak pilihan kabel charger dari pihak ketiga yang memiliki kualitas yang baik, berikut tips cara memilih kabel charger smartphone yang baik.

Jangan Beli yang Murahan
Kualitas umumnya selalu diikuti juga dengan harga yang lebih tinggi. Banyak kabel charger yang dijual murah namun biasanya tidak memiliki kualitas atau pengamanan yang baik dan sering mengalami masalah.

Diameter Bukan Segalanya
Ada mitos bahwa semakin tebal diameter kabel charger maka akan semakin tahan lama. Namun yang tepat adalah kualitas material yang digunakan pada coating atau material pembungkus kabel.

Kualitas yang buruk akan membuat kabel charger yang tebal juga mudah putus atau koyak.

Perhatikan Bahan Pelindung
Coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel. Ada beberapa jenis coating yang bisa dikenal seperti karet PVC, kulit sintetis, nilon, dan fiber kevlar.

Seperti disebut sebelumnya, coating harus memiliki material yang tidak mudah koyak atau putus serta tahan air agar dapat melindungi kabel bagian dalamnya. Bagi Anda yang suka memperhatikan estetika kini sudah banyak pilihan opsi kabel charger smartphone dengan beragam warna dan corak.

Fitur Tambahan
Beberapa kabel charger saat ini biasanya hadir dengan beberapa fitur fast charging atau kompatibilitas dengan beragam jenis USB port atau bahkan fitur magnet dan lainnya. Untuk fitur fast charging dan kecepatan transfer data, hal ini butuh pengujian secara teknis atau percobaan langsung, akan sangat baik jikapenjual mengizinkan Anda mencobanya terlebih dahulu atau dengan sampel produk tersedia.

Bergaransi
Pastikan Anda menanyakan informasi garansi yang kepada toko atau mengecek kemasan, serta pastikan kabel charger kompatibel dengan smartphone Anda.