Sensor Elastis Ini Membantu Kamu Merasakan Sentuhan Di Virtual Reality

Sensor Elastis Ini Membantu Kamu Merasakan Sentuhan Di Virtual Reality

Di dalam teknologi Virtual Reality (VR) saat ini, merasakan sensasi sentuhan masih menjadi salah satu tantangan yang masih perlu dikembangkan dibandingkan dengan visual.

Ilmuwan Cornell sedang mengembangkan sebuah sensor elastis yang dapat diregangkan, dilengkapi dengan serat optik yang memberikan sensasi sentuhan dilengkapi dengan Bluetooth, baterai dan sirkuit dasar.

Saat ini, alat ini masih berupa prototipe cetakan 3D sarung tangan dengan panduan lampu yang bisa diregangkan dengan satu inti poliuretan transparan sera inti yang terhubung dengan LED yang dilengkapi dengan pewarna penyerap.

Saat jari digerakkan atau ditekuk, maka pewarna tersebut akan berfungsi sebagai encode spasial yang menyala dan mencatat apa dan dimana tekanan tersebut terjadi.


Meski teknologi ini belum sempurna, potensi teknologi ini dapat memberikan pengguna sensasi sentuhan kepada para pengguna ketika menyentuh dan mengambil objek virtual agar terasa nyata.

Selain untuk VR, teknologi ini juga dapat memberikan rasa sentuhan bagi mesin atau robot untuk membantu bereaksi terhadap sentuhan dan lingkungan terhadap objek menjadi lebih baik.