Robot Milik Disney Ini Bisa Meniru Mimik Wajah Manusia

Robot Milik Disney Ini Biru Meniru Mimik Wajah Manusia

Disney terkenal dengan banyak filmnya yang mendunia. Dengan banyak karakter animasi yang digunakan, tidak heran jika Disney saat ini sedang menngembangkan robot yang dapat meniru mimik wajah manusia sesungguhnya selama beberapa dekade.

Robot ini dikembangkan oleh Disney Researcher yang sementara belum memiliki lapisan kulit di bagian kepala. Namun, di balik penampilannya, terdapat teknologi yang canggih.


Robot milik Disney ini mampu mengedipkan mata dengan interval yang berbeda seperti manusia serta mengiktui gerakan natural manusia saat berkomunikasi.

Dengan adanya kamera sensor di bagian dada, memberitahukan kapan robot ini harus berbalik, menghadap seseorang di depannya, menggeser gerakan mata agak melakukan kontak mata langsung dan bahkan gerakan sedikit ke atas dan bawah meniru pernafasan manusia.

Peneliti dari divisi Riset Disney, Walt Disney Imagineering, dan peneliti robotika dari University of Illinois, Urbana-Champaign dan California Institute of Technology sebagai pengembang teknologi ini mengatakan gerakan ini merupakan sebuah hal penting robot meniru manusia.

“Tatapan telah terbukti menjadi sinyal sosial utama, yang membentuk persepsi mitra interaksi. Misalnya, orang yang lebih banyak melakukan kontak mata dengan kita dianggap serupa dengan kita, serta lebih cerdas, teliti, tulus, dan dapat dipercaya. Lebih jauh, tatapan tampaknya juga menyampaikan keadaan sosial dan emosional yang kompleks,” kata pera peneliti, seperti dikutip dari laman Gizmodo (2/11).

Meski dengan interaksinya yang cukup baik, saat ini belum diketahui kapan robot tersebut akan selesai dikembangkan.