Korea Memperkenalkan Pembawa Berita Yang Terbuat Dari AI

Korea Memperkenalkan Pembawa Berita Yang Terbuat Dari AI

Dengan semakin umumnya artificial intelligence atau biasa disingkat sebagai AI, disebut akan mengganti berbagai pekerjaan manusia di masa yang akan datang. Bagaimana dengan pembawa berita? Apakah memungkinkan?

Meski lebih banyak orang yang membaca berita melalui internet, namun profesi pembawa berita masih releveran dikarenakan keistimewaan mereka yang tidak mudah untuk digantikan oleh robot atau AI.

Keistimewaan seperti kepribadian, gaya dan cara menyampaikan berita menjadi poin lebih dibandingkan hanya sekedar dibaca.

Namun, hal ini sepertinya akan berubah dikarenakan Channel berita MBN di Korea Selatan untuk pertama kalinya memperkenalkan pembawa berita berbasis AI bernama AI Kim.

AI ini didesain berdasarkan pembawa berita sungguhan yang juga bekerja di MBN bernama Jim Ju-ha.

"Saya diciptakan melalui teknologi deep learning dari berbagai video Kim Ju-ha selama 10 jam. Saya mempelajari detail suaranya, cara dia berbicara, ekspresi wajah, cara bibirnya bergerak, dan cara dia menggerakkan tubuhnya. Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan pembawa berita Kim Ju-ha," kata AI tersebut.


Hal yang luar biasa adalah, penampilan AI Kim yang tampil dengan nada dan gaya yang sama seperti pembawa acara sungguhan dan meniru beberapa gerakan tubuh Kim.

MBN menyebutkan pembawa berita berbasis AI ini memungkinkan stasiun berita untuk menyiarkan berita setiap hari selama 24 jam non stop, terutama ketika pembawa berita manusia sedang tidur, istirahat, atau sakit.