Hyundai Luncurkan Mobil Listrik IONIQ dan KONA Electric Seharga Rp 600 Jutaan

Hyundai IONIQ & KONA Electric
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja meluncurkan dua mobil listriknya secara bersamaan yang tampil sebagai game changer, yaitu IONIQ dan KONA Electric di Indonesia. Presiden Direktur HMID, Sung Jong Ha, mengatakan hadirnya IONIQ dan KONA menjadi bukti keseriusan Hyundai untuk memulai ekosistem mobil listrik di Indonesia.

“ Indonesia, kami persembahkan Ioniq Electric dan Kona Electric,” kata Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia, Sung Jo-ha, dalam peluncuran virtual di Youtube Hyundai Indonesia. Dari spesifikasi, keduanya ramah lingkungan dan zero emission. Dengan menggunakan lithium-ion plymer battery, mobil ini memiliki fitur utility mode untuk menyalakan AC, multimedia, dan lainnya.

Menurut Jong Ha, Hyundai memperluas perannya di luar sektor transportasi otomotif, dan tidak pernah berhenti melakukan banyak hal. “Kami selalu fokus pada visi kami dalam memberiikan kemajuan untuk kemanusian, kami ingin mewujudkan mimpi itu dengan menghubungkan teknologi kami ke masa depan yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Makmur, Managing Director Hyundai Motors Indonesia,  mengatakan mobil listrik mendapatkan dukungan dari pemerintah, seperti gratis PPN, bebas aturan ganjil genap, dan infrastruktur stasiun pengisian listrik untuk masyarakat umum.

Hyundai IONIQ & KONA Electric

Hyundai IONIQ Electric merupakan sedan liftback yang dijual dengan dua tipe, yaitu Prime dan Signature dengan pilihan warna Polar White, Fluidic Metal, Panthom Black dan Fiery Red. Sedangkan Hyundai KONA Electric memiliki 4 pilihan warna yaitu Chalk White, Galatic Grey, Dark Knight dan Pulse Red.

Mobil listrik Hyundai IONIQ Eletric dibekali baterai lithium-ion polymer 38,3 kWH dengan maksimum output 100 kW atau setara dengan 134 tenaga kuda dengan torsi 295 Nm. Untuk Hyundai KONA Electric merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) bertenaga listrik murni dengan baterai berkapasitas 39,2 kWH. Hyundai KONA memiliki jangkauan 258 mil (sekira 415 km) untuk satu kali pengisian penuh daya baterai yang berdasarkan pengujian standar Eropa.

Hyundai IONIQ & KONA Electric Engine

Mobil listrik Hyundai ini memiliki motor listrik permanent magnet synchronous motor (PMSM) dengan penggerak roda depan (2WD). Managing Director Hyundai Motors Indonesia, Makmur, menjelaskan, asupan tenaga dari motor listrik ke roda membuat mobil ini mampu memiliki akselerasi cepat dengan 0-100 km per jam dalam waktu 9,9 detik dan memiliki kecepatan puncak 165 kilometer per jam. Hyundai menyediakan tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Untuk entertainment, Hyundai KONA Electric dilengkapi layar sentuh 10,25 inci untuk navigasi dan hiburan serta fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Ada juga fitur penghangat dan pendingin di kursi mobilnya dan ada wireless charging spot.

Menurut Makmur, keselamatan adalah hal yang utama. Maka Kona Electric ini dibekali fitur keselamatan yang meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (pada model yang dilengkapi lampu LED), Peringatan Perhatian Pengemudi (DAW), dan Peringatan Tabrakan Blind-Spot (BCW).

Baik mobil listrik Hyundai IONIQ dan KONA sudah dijual di semua dealer resmi Hyundai Motors Indonesia. Tak hanya itu, pembeli bisa membeli mobil itu melalui online di situs Hyundai. Biaya operasionalnya pun diklaim empat kali lebih hemat daripada operasional mobil bensin. Hyundai juga memberikan garansi maintenance 75 ribu km atau 5 tahun, baterai 8 tahun atau 160 ribu km, road assistance bagi kendaraan yang bergaransi, serta mobile chatting service 24 jam.

Harga Hyundai IONIQ Electric dimulai dari Rp 624,8 juta untuk tipe Prime dan Rp 664,8 juta untuk tipe Signature on the road (OTR) DKI Jakarta. Sedangkan harga Hyundai KONA Electric dibanderol Rp 674,8 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sumber foto : Hyundai