Begini Cara Menggunakan Fitur Terbaru Pesan Sementara WhatsApp

Begini Cara Menggunakan Fitur Terbaru Pesan Sementara WhatsApp

Melalui update terbaru, WhatApp menyediakan fitur Pesan Sementara yang membuat pesan yang dikirim ke chat akan hilang setelah waktu tujuh hari sehingga menjaga privasi percakapan.

Dalam percakapan individual, masing-masing pihak dan memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara ini. Sementara di grup chat, hanya admin yang dapat memilih untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan fitur ini, WhatsApp memberikan rasa tenang dan aman karena percakapan tidak bersifat permanen. Misalnya alamat atau daftar belanja hilang setelah tujuh hari ketika tidak lagi dibutuhkan.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, maka pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka. Sedangkan ketika Anda membalas pesan yang dikutip bersifat sementara, maka pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

Namun, jika pesan sementara diteruskan ke chat lain yang memantikan fitur ini, maka pesan tersebut tidak akan hilang di chat yang diteruskan. Jika pengguna melakukan backup sebelum pesan hilang, maka pesan sementara akan tersimpan. Diketahui pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan. Jadi sebaiknya gunakan fitur ini hanya dengan orang-orang yang Anda percayai.

Berikut cara mengaktifkan pesan sementara.
  1. Buka chat WhatsApp yang diinginkan
  2. Pilih nama kontak
  3. Pilih Pesan Sementara (Disappering messages)
  4. Pilih Lanjut (Continue)
  5. Pilih Nyala (On)
Sedangkan untuk mengaktifkan fitur pesan sementara di grup, Anda hanya perlu memilih grup, pilih fitur pesan sementara. Selanjutnya Anda pilih Lanjut, dan pilih Nyala.

Fitur Pesan Sementara ini sudah resmi dan akan diluncurkan ke lebih dari 2 miliar penggunanya dalam bulan ini.