Apple Mulai Memberi Iklan Kepada Pengguna iPhone Dan iPad


Pada tahun ini, Apple mulai terlihat agresif dalam hal iklan pada perangkatnya. Para pengguna iOS dan iPadOS disebut akan mulai menemukan iklan pada perangkat mereka. Fitur ini umum ditemui pada ponsel-ponsel Android buatan China, seperti Xiaomi dan Realme. Bahkan, Samsung juga mulai mengadopsi fitur ini, walaupun baru di negara asalnya dan lewat aplikasi khusus.

Berbeda dengan Samsung, iklan yang ditampilkan Apple saat ini hanya memunculkan produk dan layanan Apple saja, bukan dari brand atau lain. Iklan ini pertama kali ditemukan oleh salah satu pengguna iPhone bernama Tom Warren di media sosial Twitter.

Sebuah screenshot dari Tom memperlihatkan iklan di bagian menu pengaturan perangkat. Isinya sendiri berupa rekomendasi untuk berlangganan layanan gaming berbayar bernama Apple Arcade. Selain itu, Tom mendapatkan iklan berlangganan Apple TV Plus selama setahun secara gratis hingga iklan tawaran perpanjangan garansi AppleCare Plus.
Pengguna lain bernama Ryan O'Donnell (@iamryanodonnell) mengatakan hal yang sama. Ryan mengatakan bahwa iklan tersebut tetap muncul padahal dirinya sudah menolak dan mengabaikan tawaran yang ditampilkan. "Meskipun saya telah menolaknya, namun iklan itu tetap ada. Ini ada di perangkat iPhone 12 saya dan ternyata juga muncul di iPad Pro saya (Generasi ke-2)," ucap Ryan pada cuitannya.

Sepertinya tujuan penayangan iklan itu untuk mencari jalur pemasukan alternatif bagi Apple, dengan memanfaatkan platform di perangkat buatannya. Jika saat ini iklan yang diberikan masih sebatas produk dan layanan Apple, akan tetapi tidak menutup kemungkinan Apple menampilkan iklan produk lain di perangkatnya. Sejauh ini, Apple belum mengonfirmasi berita tentang munculnya iklan tersebut.

Belum diinfokan juga perangkat apa saja yang akan mendapatkan iklan serupa di menu pengaturan ponsel. Sebelumnya pada Juni lalu, Apple memperkenalkan iPadOS 14 pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020. iPadOS 14 membawa perubahan antarmuka untuk perangkat iPad dan peningkatan performa Apple Pencil. Tak hanya itu, iPadOS juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi ketiga untuk beberapa fitur.

Sumber foto : ibluetech