Apple Merilis Mac Mini Prosesor Terbaru M1 Dengan Harga Dibawah 10 Juta

Apple Mac Mini With M1 Processor

Apple baru saja meresmikan Mac Mini dengan prosesor terbaru mereka yaitu M1, harganya sendiri jauh lebih murah daripada Mac Mini generasi sebelumnya.

Macbook Air mungkin menjadi perangkat pertama yang diumumkan menggunakan M1 sebagai prosesornya. Walaupun demikian, akan ada beberapa perangkat lainnya yang juga memakai M1 sebagai prosesor utama mereka.

Mac Mini adalah salah satunya. Johny Srouji, wakil presiden senior Apple untuk Hardware Technologies mengatakan ini merupakan perangkat Mac Mini terkencang yang pernah dibuat hingga sekarang.

Seperti yang diketahui, Mac Mini generasi sebelumnya diperlengkapid dengan prosesor Intel Quad-Core. Hal ini merupakan peningkatan yang drastis walaupun hanya pada jumlah core inti saja.

Apple mengklaim bahwa performa dari Mac Mini yang terbaru bisa tiga kali lebih cepat dari versi yang lama. Selain itu, pengguna juga akan menerima performa grafis yang diklaim 6 kali lebih cepat.

Keunggulan lainnya dari Mac Mini M1 ini yaitu apabila dibandingkan dengan desktop populer lainnya dengan harga yang sama. Perangkat ini memiliki ukuran hanya sepersepuluh lebih kecil namun lima kali lebih kencang.

Agar mampu menjaga performa dari Mac Mini, Apple menempatkan sistem pendingin yang cukup mumpuni. Mereka berjanji kipas pendingin dari perangkat ini akan tetap memiliki suara yang kecil atau rendah.

Untuk port, Mac Mini M1 memiliki pilihan port yang cukup baik. Pengguna akan mendapat dukungan port Thunderbolt 3 melalui dua port USB 4.0 type-C, port ethernet, port audio 3,5 mm dan port HDMI.

Menurut info Mac Mini M1 akan dibanderol mulai dari USD 699 atau sekitar 8,7 juta rupiah. Apabila dibandingkan dengan sebelumnya, maka harga ini USD 100 atau sekitar 1,4 juta rupiah lebih murah dibandingkan dengan Mac Mini generasi yang lama.

Sumber foto : Apple