5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - Laptop

Saat mematikan laptop lebih baik melalui prosedur shutdown seperti umumnya. Prosedur ini adalah salah satu hal dasar agar menjaga performa laptop. Namun, tetap saja ada yang melakukan shutdown secara paksa atau force shutdown. Terutama jika laptop sedang error atau heng, maka akan dilakukan force shutdown karena dirasakan paling cepat bagi sebagian orang yang tidak sabar menunggu. Kejadian ini sangat membahayakan bagi laptop. Berikut efek yang terjadi jika Anda sering melakukan force shutdown pada laptop :

1. Registrasi Laptop Menjadi Kacau

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - Registrasi Laptop Menjadi Kacau

Saat sering melakukan force shutdown, maka laptop Anda tidak melalui prosedur shutdown yang benar. Hasilnya, saat laptop melakukan registrasi ulang komponen yang digunakan, data-data dan software menjadi terganggu. Apabila melakukan force shutdown laptop tidak diberi waktu untuk memproses hal-hal tersebut sehingga dapat terjadi heng atau error saat memproses nya.

2. Hardisk Mengalami Bad Sector

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - Hardisk Mengalami Bad Sector

Apakah Anda tau apabila bagian dalam hardisk merupakan sebuah piringan yang berputara sangat cepat sangat laptop sedang digunakan? Apa yang terjadi jika force shutdown ini dilakukan. Maka piringan tersebut harus mendadak berhenti. Hal ini akan menjadi hardisk kamu error atau umumnya disebut bad sector. Sedangkan jika Anda mematikan laptop sesuai prosedur maka hardisk akan diberikan waktu untuk memproses menyelesaikan semua data-data yang perlu disimpan dan piringan akan berhenti secara bertahap dengan mengurangi kecepatan.

3. RAM Mengalami Beban Berlebih

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - RAM Mengalami Beban Berlebih

Saat laptop sedang dimatikan sesuai prosedur, maka hal ini memberi waktu bagi RAM untuk mengosongkan memory system. Sedangkan, apabila terjadi shutdown, hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh RAM. Program yang masih berjalan saat dimatikan dengan akan terjebak di dalam RAM. Efeknya dari hal tersebut adalah laptop menjadi berat saat kembali dinyalakan kembali karena RAM menanggung beban.

4. Power Supply Mengalami Kerusakan

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - Power Supply Mengalami Kerusakan

Hal ini sangat sering terjadi karena dipastikan saat force shutdown dilakukan, maka daya akan secara tiba-tiba terputus dan menghentikan segala aktivitas hardware yang masih berjalan. Hal ini akan menyebabkan korsleting. Apalagi jika force shutdown dilakukan saat keadaan laptops sedang di charge.

5. Processor Mengalami Kerusakan

5 Efek Yang Terjadi Apabila Terlalu Sering Force Shutdown Laptop - Processor Mengalami Kerusakan

Saat laptop sedang mengalami proses shutdown, heatsink biasanya bekerja extra agar mendinginkan processor sebelum laptop mati secara total. Proses ini tidak akan terjadi saat Anda melakukan force shutdown. Heatsink tidak akan dapat mendinginkan processor secara optimal. Akibatnya saat laptop mati maka processor masih tetap panas dan mengakibatkan kerusakan komponen yang ada di dalamnya.