Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop


Laptop memiliki usia rata-rata sekitar 3-5 tahun. sebelum akhirnya rusak atau tidak optimal seperti sebelumnya. Kadang-kadang ada beberapa hal yang tidak kita sadari yang memperpendek usia laptop. Hal ini bisa saja sepele tapi bisa merusak laptop.

Apa saja kebiasaan yang merusak laptop? Hindari hal ini jika ingin laptop Anda berumur panjang. Mari disimak!

1. Menggunakan Laptop Sambil Makan

Menggunakan Laptop Sambil Makan - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : h2oholiday

Siapa yang punya kebiasaan menggunakan laptop sambil makan? Kebiasaan ini biasanya ditemukan pada pekerja yang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya secara terpisah. Ada juga yang suka mengemil sambil menonton film di laptop. Kadang saking keasikan sampai tidak sadar kalau remah-remah camilan masuk ke sela-sela keyboard laptop.

Akibatnya bukan hanya kotor, akan tetapi keyboard menjadi tersumbat dan menjadi macet. Daripada repot membersihkan keyboard, sebaiknya jangan dibiasakan sejak awal. Luangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk makan. Ini juga akan memberikan waktu untuk laptop mendinginkan diri sejenak.

2. Menaruh Benda Di Atas Laptop

Menaruh Benda Di Atas Laptop - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : technogeektimes

Kadang tanpa kita sadari kita dapat menaruh atau menumpuk benda yang cukup berat di atas laptop. Menaruh benda di atas laptop mampu memberikan kerusakan serius pada layar atau engsel laptop. Kebiasaan tersebut juga dapat menggores bagian belakang monitor.

Jika hal itu terjadi, kadang tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki laptop. Sebaiknya berhati-hati menaruh benda agar tidak memecahkan layar laptop tanpa sengaja.

3. Menumpahkan Cairan Pada Laptop

Menumpahkan Cairan Pada Laptop - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : digitaltrends

Menurut riset, sekitar 60 persen kerusakan laptop terjadi karena tumpahan cairan. Kebiasaan menaruh minuman di dekat laptop memang berbahaya. Karena bisa saja tidak sengaja menyenggol dan menumpahkannya. Oleh karena itu, dibiasakan untuk tidak minum atau meletakkan cairan di dekat laptop.

Jika terlambat. secepatnya matikan laptop kemudian segera keluarkan dan bersihkan laptop dari cairan. Balik laptop agar cairan keluar dan jika punya pengering rambut (hair dryer), keringkan dari jarak 20 cm. Terakhir, biarkan laptop terbuka secara terbalik dan tunggu hingga kering.

4. Mengekspos Laptop Pada Suhu Panas

Mengekspos Laptop Pada Suhu Panas - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : hiphearstappers

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari secara langsung dapat membuat suhu laptop menjadi panas. Panas yang terperangkap di dalam laptop dapat merusak CPU, hard drive, video card dan baterai. 0-40°C merupakan suhu yang tergolong aman untuk digunakan. Apabila suhu berada di atas 85°C, secepatnya matikan laptop untuk mendinginkannya.

Agar tidak terjadi overheat, kamu bisa melakukan beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah menggunakan coolong pad atau fan dan menghindari menggunakan laptop di luar ruangan. Anda juga dapat mematikan laptop setiap beberapa jam untuk menghindari overheat.

5. Membersihkan Laptop Secara Sembarangan

Membersihkan Laptop Secara Sembarangan - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : digitaltrends

Kadang mengelap layar laptop dengan kain dianggap kurang bersih. Jadi beberapa orang mencoba menyemprotkan cairan ke layar laptop untuk mengangkat noda dan debu. Namun, kita tidak boleh sembarang dalam membersihkan layar. Cairan yang memiliki kandungan zat kimia keras dapat merusak layar laptop.

Apabila membersihkan layar laptop, lebih baik menggunakan kain microfiber yang kering. Anda juga dapat menggunakan cairan khusus pembersih monitor atau layar. Jangan lupa rutin membersihkan laptop. Anda dapat membersihkan setiap beberapa hari sekali atau seminggu sekali.

6. Menggunakan Mode Sleep Terlalu Lama Tanpa Dimatikan

Menggunakan Mode Sleep Terlalu Lama Tanpa Dimatikan - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : medium

Siapa yang sering meninggalkan laptop dengan mode selama berjam-jam atau berhar-hari? Lebih baik segera hindari kebiasaan ini. Karena jika Anda meninggalkan laptop dalam waktu singkat (di bawah 2 jam), tidak masalah memakai mode sleep. Tetapi, lebih baik matikan laptop Anda jika harus meninggalkannya dalam waktu yang lama.

Membiarkan laptop dalam mode sleep bisa merusak umur dan daya tahan beterai. Selain itu, terlalu lama meninggalkan laptop dalam mode sleep juga dapat merusakan motherboard. Jadi jangan lupa untuk mematikan laptop apabila perkerjaan sudah selesai.

7. Membawa Laptop Tanpa Tas Khusus

Membawa Laptop Tanpa Tas Khusus - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : pcmag

Penting bagi kita untuk membawa laptop dengan tas yang memiliki perlindungan khusus. Hal ini digunakan agar mencegah goncangan, benturan dan bantingan. Baik sengaja maupun tidak disengaja.

Supaya laptop berumur panjang dan awet, belilah tas laptop dengan perlindungan yang baik untuk investasi agar mengurangi risiko kerusakan pada laptop.

8. Mencampur Laptop Dengan Benda Lain Dalam Tas

Mencampur Laptop Dengan Benda Lain Dalam Tas - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : theverge

Kebiasaan yang dapat merusak laptop lainnya yang juga berkaitan dengan membawa laptop dalam tas adalah kebiasaan membawa barang atau benda seperti charger, pulpen, jam, dll yang dapat menimbulkan goresan atau lecet pada bagian casing laptop Anda.

Solusinya adalah menggunakan tas yang memiliki ruang khusus untuk menyimpan laptop jadi Anda tidak perlu mencampurnya dengan benda lain. Tapi, jika teryata tas Anda hanya memiliki satu tempat, maka sebaiknya gunakan cover atau sarung laptop.

9. Menggunakan Laptop Diatas Paha atau Bantal

Menggunakan Laptop Diatas Paha atau Bantal - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : lifehacker

Salah satu hal yang merusak laptop yang sering terjadi adalah pengunaan laptop dengan suhu komponen yang ekstrim. Laptop sebenarnya sudah dibekali dengan kipas dan ventilasi udara yang berfungsi menyalurkan udara panas ke luar, akan tetapi kebiasaan buruk yang dilakukan dapat membuat kinerja kipas dan ventilasi laptop bekerja tidak optimal.

Salah satu kebiasaan yang merusak adalah menggunakan laptop di paha, bantal, kasur atau benda empuk lainnya sebagai alas. Pengunaan seperti hal tersebut akan menutup bagian bawah laptop dan menutupi jendela ventilasi udara. Akibatnya udara panas yang dihasilkan komponen laptop tidak dapat keluar dan hanya berputar-putar di dalam body laptop sehingga suhu laptop meningkat drastis. Jadi pastikan Anda menggunakan laptop di permukaan yang datar dan keras seperti meja atau lantai.

10. Mencabut Komponen Eksternal Dengan Cara Digoyang-Goyang

Mencabut Komponen Eksternal Dengan Cara Digoyang-Goyang - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : unsplashed

Salah satu kebiasaan buruk yang merusak laptop lainnya adalah ketika mencabut komponen eksternal dengan dipaksakan atau digoyang-goyangkan. Biasanya hal itu dilakukan saat sedang memasangkan perangkat flashdisk, hardisk eksternal, VGA, HDMI dan port lainnya. Kemudian saat dicabut teryata sangat keras sehingga yang dilakukan adalah menggoyangkan komponen tersebut ke kiri atau kanan.

Kebiasaan ini paling sering diabaikan ketika mencabut komponen. Ketika Anda mencabut sebuah komponen eskternal dengan menggoyang-goyang perangkat, maka port yang ditempati dapat menjadi longgar. Akibatnya flashdisk atau hardisk menjadi sulit terbaca dan lebih buruknya port tersebut tidak dapat membaca perangkat lagi. Jadi ketika hendak mencabut perangkat eksternal yang keras, cabutlah dengan arah yang lurus dan kuat.

11. Salah Urutan Dalam Memasang Charger

Salah Urutan Dalam Memasang Charger - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : pinterest

Kebiasaan lainnya yang tanpa disadari adalah urutan pemasangan charger laptop. Bagi kebanyakan orang, saat mengecas laptop tidaklah penting apakah menghubungkan charger ke terminal atau laptop terlebih dahulu. Padahal hal tersebut mempengaruhi kesehatan laptop Anda.

Ketika charger laptop saat pertama dicolokkan ke terminal. maka loncatan daya akan terjadi sehingga tidak stabil. Dan jika kepala charger sudah terlebih dahulu terhubung ke laptop, maka otomatis daya yang tidak stabil akan langsung masuk ke motherboard untuk diproses ke baterai. Jika hal tersebut terjadi terus menerus maka secara perlahan akan merusak motherboard. Jadi pastikan mencolokkan adapter charger ke terminal terlebih dahulu sebelum ujung charger dicolokkan ke laptop.

12. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Menggunakan Laptop Tanpa Baterai - Kebiasaan Sehari-Hari Yang Merusak Laptop
Sumber foto : wikihow

Yang terakhir kebiasaan ini sering dilakukan oleh para gamer, pekerja kantor atau pengguna laptop dalam waktu yang lama. Mungkin alasannya agar baterai laptop yang digunakan tidak mengalami overcharge. Padahal langkah tersebut salah dan laptop keluaran sekarang sudah dibekali fitur yang mencegah terjadinya overcharge pada baterai.

Ketika Anda melepas baterai dan menyambungkan langsung laptop ke listrik charger, kebiasaan tersebut akan secara perlahan merusak motherboard laptop Anda. Hal tersebut terjadi karena listrik yang masuk dari charger mengaliri laptop tanpa pengunaan daya baterai yang kadang tidak stabil sehingga kerusakan terjadi. Jadi gunakanlah baterai laptop meskipun menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang merusak laptop. Kadang penyebab kerusakan terjadi bukan karena kualitas laptop yang buruk tetapi dari kebiasaan yang kita lakukan. Jadi perlakukan laptop Anda dengan baik dan hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada diatas.