Jendela Pintar Ini Bisa Berubah Menjadi Panel Surya

Jendela Pintar Ini Bisa Berubah Menjadi Panel Surya

Hampir semua bangunan pasti memiliki jendela, dari gedung bertingkat hingga perumahan memilikinya. Meski hampir terdapat di semua bangunan, jendela jarang mendapatkan terobosan dari sisi teknologi.

Namun, peneliti dari Laboratorium Energi Terbarukan Nasional Departemen Energi (NREL) AS berhasil membuat dua teknologi menjadi satu untuk menciptakan jendela pintar dengan teknologi yang mereka sebut "thermochromic photovoltaic".

Intinya, kaca jendela akan berubah warna ketika terkena panas sehingga warna jendela akan menjadi gelap. Sebaliknya, warna jendela kembali pulih jika suhu menurun. Uniknya, ketika berwarna gelap, jendela ini dapat berfungsi sebagai panel surya.

Jendela ini dibuat menggunakan lapisan bernama perovskite yang merupakan bagian material dari sel surya. Perovskite memiliki tingkat efisiensi penyerapan cahaya matahari yang tinggi dengan fleksibilitas tinggi, murah serta mudah dibuat.

Dikutip dari NewAtlas(22/10), peneliti menyelipkan perovskite di antara dua buah kaca. Kemudian uap pelarut akan disuntikkan ke celah tersebut. Ketika kelembapan rendah, perovskite akan tetap mempertahankan wujud transparannya sehingga memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam rumah.

Meski demikian, pada suhu tertentu, uap pelarut tersebut akan menyebabkan perovskite mengkristal yang kemudian akan mengatur ulang dirinya sendiri. Pertama berupa untaian, kemudian beralih menjadi lembaran dan selanjutnya menjadi kubus. Setiap perubahan bentuk akan mengubah warna perovskite.

Perubahan warna dan bentuk tersebut dipengaruhi pada berapa suhu yang diterima jendela. Langkah ini diharapkan membantu mendinginkan ruangan dalam proses perubahannya. Selain itu, ketika berubah warna, penyerapan energi listrik dari matahari pun dimulai. 

Jika pada purwarupa generasi sebelumnya perubahan warna menjadi merah kecoklatan membutuhkan suhu 65,5 - 79,4 derajat Celcius dalam 3 menit, sekarang jendela ini sudah jauh lebih baik karena berubah warna ketika 35 - 46 derajat Celcius, jendela ini dapat berubah menjadi beberapa warna, misalnya kuning, oranye, merah dan coklat dalam waktu tujuh detik.

Sumber Foto: Dennis Schroeder, NREL