Cara Membersihkan Layar Monitor Yang Baik Dan Benar

Cleaning Monitor Screen - Membersihkan Layar Monitor

PC dan laptop sudah menjadi bagian sehari-hari dalam kehidupan kita, terutama saat bekerja dan kebutuhan hiburan. Namun, kadang timbul permasalahan saat membersihkannya terutama pada bagian layar. Membersihkan layar tidak boleh sembarangan. Mungkin kita pernah pernah ditawarkan beberapa cairan pembersih dengan kain lapnya. Akan tetapi, cairan tersebut berisi bahan kimia yang mungkin saja dapat mengelupas lapisan layar. Begitu juga dengan tisu, lap maupun kain dikarenakan layar monitor lebih halus daripada yang terlihat. Berikut beberapa langkah aman membersihkan monitor PC atau laptop.

1. Matikan monitor
Dengan mematikan monitor maka debu dan kotoran akan lebih mudah terlihat serta lebih aman bagi Anda dan monitor. Jika Anda membersihkan monitor menyala, layar Anda bisa rusak. Meskipun risikonya kecil namun Anda bisa tersengat listrik jika monitor dibersihkan saat menyala.

2. Bersihkan frame monitor
Semprotkan larutan pembersih yang lembut ke kain bersih lalu menyeka bagian sekitar layar. Jangan langsung menyemprotkan larutan pembersih secara langsung ke sekitar layar karena tetesannya bisa mengenai layar atau menetes dan masuk ke bagian dalam layar. Bersihkan bagian bawah monitor, tombol dan bagian belakangnya. Bungkus sudut kain ke sekitar jari atau tusuk gigi untuk membersihkan celah atau bagian yang sulit dijangkau. Jika monitor memilik kabel penghubung ke CPU, cabut dan bersihkan.

3. Bersihkan layar monitor dengan kain bersih yang lembut
Kain mikrofiber merupakan kain yang paling ideal untuk digunakan. Jenis kain ini tidak meninggalkan residu serat pada layar dan juga lembut sehingga tidak akan menggores permukaan layar. Bersihkan debu dan kotoran yang terlihat menggunakan kain, jangan gunakan handuk, produk kertas atau kain karena dapat meninggalkan serat dan menggores layar. Anda juga dapat menggunakan kain pembersih sekali pakai seperti kain Swiffer. Jangan menekan layar terlalu keras atau menggosoknya karena dapat membuat layar rusak dan berubah warna saat monitor dinyalakan. Jika layar sangat kotor, bilas atau ganti kain setiap kali Anda membersihkannya.

4. Untuk noda yang membandel, seka dengan lembut di atas noda tersebut
Gunakan gerakan melingkat dan lembut saat menggosok noda, seperti residu makanan lengket, tinta dan zat lainnya. Jangan menggosok layar terlalu keras dan bersabarlah karena larutan butuh beberapa saat untuk meresap ke dalam dan bisa menghapusnya. Untuk membantu peresapan, tahan kain yang lembap pada noda tersebut sementara. Jangan semprotkan larutan langsung ke layar ke noda yang membandel. Setelah noda hilang, lap bagian tersebut sampai kering dengan bagian bersih dari kain.

5. Pastikan semuanya telah kering sebelum menyalakan monitor
Hal ini dilakukan untuk mencegah kelembapan masuk ke monitor dan menyebabkan kerusakan, atau korsleting.

Sumber foto : lovetoknow